RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN 1 Jepara
Kelas/Semester : 3/II
Tema 8 : Bumi
dan Alam Semesta
Sub Tema 1/
Pembelajaran : Bumi Bagian dari
Alam Semesta/ 5
Alokasi
Waktu : 1 hari
A. Kompetensi Inti :
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dariteks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda,sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,perubahan iklim dancuaca, rupa bumi danperubahannya, serta alamsemesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisidengan kosakata bahasadaerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan mengolahisi teks laporan informatifhasil observasi tentang perubahan wujud benda,sumber energi, perubahanenergi, energi alternatif,perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesiadan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta
4.1.1 Memberi tanggapan terhadap laporan informatif tentang alam semesta secara tertulis
b) Matematika
3.12 Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
4.6. Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
Indikator
3.12.1 Menjelaskan hubungan bangun datar dalam sebuah bangun ruang.
4.6.1 Membuat jaring-jaring bangun ruang.
c) PPKn
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
Indikator
3.1.1 Menyebutkan contoh hak yang berkaitan dengan sila kelima Pancasila.
4.1.1 Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang hak yang sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila.
C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1. Mengamati bagian bumi
.2. Membuat laporan.
3. Mengenal bangun ruang.
4. Menggambar jaring-jaring sebuah bangun ruang
5. Contoh sikap adil.
D. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3. Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
B.Kegiatan Inti
o Siswa mengamati gambar pada buku paket tentang lapisan-lapisan yang membentuk bumi. (Mengamati)
o Siswa membaca teks informasi pada buku siswa mengenai bagian-bagian bumi.
o Siswa melakukan percobaan dengan telur ayam/bebek. Kegiatan ini bisa dilakukan per individu atau kelompok. (Mengekplorasi)
o Sebelum melakukan percobaan siswa/guru menyiapkan sebuah telur ayam/bebek untuk direbus. Pastikan telur hingga matang.
o Minta siswa untuk membelah telur menjadi dua bagian tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Kemudian siswa mengamati bagian-bagian telur tersebut. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa lapisan-lapisan pada telur menggambar-kan lapisan-lapisan pada bumi kita. (Mengekplorasi)
o Siswa mengidentifikasi bagian-bagian telur yang mewakili setiap lapisan bumi.
o Siswa menuliskan laporan dari hasil pengamatan-nya pada tempat yang disediakan. (Mengasosiasi)
o Siswa berdiskusi untuk membandingkan hasil laporan pengamatan mereka dengan teman-temannya. Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi mengenai persamaan dan perbedaan hasil pengamatan masing-masing. (Mengekplorasi)
o Siswa menceritakan hasil percobaan yang dilakukannya.
o Siswa saling membandingkan hasil percobaan dan mengidentifikasi jika ada persamaan dan perbedaannya. (Mengasosiasi)
o Siswa mengamati gambar bumi pada buku siswa yang menyerupai bentuk bangun ruang bola. Siswa diminta menyebutkan bangun-bangun ruang lainnya yang mereka kenal. (Mengamati)
o Siswa diminta untuk membawa kardus bekas atau kemasan untuk mengamati bentuk-bentuk bangun datar yang membentuk kardus.
o Siswa diminta untuk membuka kardus kemasan dan mengamati bentuk jaring-jaring bangun. Penting untuk mengamati jumlah dan bentuk bangun datar pada jaring-jaring tersebut.
o Siswa menanggapi penjelasan guru mengenai jaring-jaring sebagai gabungan bangun datar pembentuk bangun ruang. (Mengasosiasi) o Jika memungkinkan siswa diminta untuk melakukan hal yang sama pada bentuk bangun ruang lainnya, yaitu limas. (Mengekplorasi)
o Siswa mengidentifikasi jaring-jaring balok, kubus, dan limas.
o Siswa berdiskusi dalam kelompok dan mencoba untuk membuka kotak kardus kemasan dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan menggunting bagian rusuk kotak kardus.
o Siswa mengamati dan menggambarkan bentuk baru dari jaring-jaring bangun tersebut. (Mengamati)
o Siswa berlatih menyelesaikan soal yang ada pada buku. (Mengekplorasi) o Siswa membaca teks pada buku siswa tentang bersikap adil dalam kehidupan sehari-hari.
o Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya.
o Siswa menjelaskan manfaat bersikap adil kepada orang lain dan menyebutkan beberapa contoh lain bersikap adil kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari. (Mengekplorasi)
o Siswa berlatih mempraktikkan salah satu sikap adil yang bisa dilakukannya di kelas.
o Siswa membuat perencanaan terlebih dahulu mengenai sikap adil yang akan dipraktikkannya, lalu menulis laporan singkat tentang sikap yang dilakukannya.
o Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari itu. (Mengkomunikasikan) dan (Mengasosiasi)
C. Kegiatan Akhir
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
D. Sumber dan Media
1. Buku Guru dan Buku siswa Teama 8 “ Bumi dan alam Semesta”
2. Gambar bumi dan alam semesta
3. Telur
4. Gambar jaring jaring balok kubus dan limas
E.Penilaian
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian
Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan
Penskoran Nilai;
Minggu ke ........ Bulan ............. 2016
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Rasa Ingin Tahu
|
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai
Terlihat
MB : Mulai
Berkembang
SM : Sudah
Membudaya
a.
Penilaian
Pengetahuan
Tulislah hasil pengamatan dalam
bentuk teks Perubahan pecahan menjadi bilangan desimal.
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Yang Dinilai
|
||||||||
Pemilihan Kosakata
|
Ejaan
|
Sistematika Penulisan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 1=Kurang; 2=Cukup; 3=Baik Sekali
|
C.Penilan Keterampilan
Penilaian Unjuk Kerja Bercerita
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Kemampuan menceritakan kembali hasil diskusi
|
Siswa menceritakan kembali dengan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik
|
Siswa menceritakan kembali dengan menggunakan bahasa Indonesia dan
sesekali dibantu
|
Siswa menceritakan kembali dengan menggunakan bahasa Indonesia yang
dibantu dengan penggunaan bahasa daerah
|
Siswa menceritakan kembali dengan dibantu guru sepenuhnya.
|
2
|
Kepercayaan diri dalam menceritakan pengalaman masa kecil.
|
Tidak terlihat ragu-ragu
|
Terlihat ragu-ragu
|
Memerlukan bantuan guru
|
Belum memiliki keberanian menceritakan.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
SDN 1 Jepara
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
Jepara , ..................2016
Guru Tematik Kelas III
(Nurtia Oktaviani)
NIP/NIK : 14120124
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar