Kamis, 30 Juni 2016

RPP Kurikulum 2013 Tema 8 "Bumi dan Alam Semesta " Sub Tema 1 "Bumi bagian dari alam semesta" Pembelajaran 5 Kelas 3 Semester 2

                                          
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                       : SDN 1 Jepara
Kelas/Semester                           : 3/II
Tema 8                                       : Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Bumi Bagian dari Alam Semesta/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :

1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia

B. Kompetensi Dasar / Indikator 

a) Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dariteks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda,sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,perubahan iklim dancuaca, rupa bumi danperubahannya, serta alamsemesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisidengan kosakata bahasadaerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan mengolahisi teks laporan informatifhasil observasi tentang perubahan wujud benda,sumber energi, perubahanenergi, energi alternatif,perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesiadan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator 
3.1.1 Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta
4.1.1 Memberi tanggapan terhadap laporan informatif tentang alam semesta secara tertulis

b) Matematika
3.12 Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
4.6. Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.

Indikator

3.12.1 Menjelaskan hubungan bangun datar dalam sebuah bangun ruang.
4.6.1 Membuat jaring-jaring bangun ruang.

c) PPKn
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.

Indikator
3.1.1 Menyebutkan contoh hak yang berkaitan dengan sila kelima Pancasila.
4.1.1 Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang hak yang sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

1. Mengamati bagian bumi
.2. Membuat laporan.
3. Mengenal bangun ruang.
4. Menggambar jaring-jaring sebuah bangun ruang
5. Contoh sikap adil.
D. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3. Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

B.Kegiatan Inti

o Siswa mengamati gambar pada buku paket tentang lapisan-lapisan yang membentuk bumi. (Mengamati)
o Siswa membaca teks informasi pada buku siswa mengenai bagian-bagian bumi.
o Siswa melakukan percobaan dengan telur ayam/bebek. Kegiatan ini bisa dilakukan per individu atau kelompok. (Mengekplorasi)
o Sebelum melakukan percobaan siswa/guru menyiapkan sebuah telur ayam/bebek untuk direbus. Pastikan telur hingga matang.
o Minta siswa untuk membelah telur menjadi dua bagian tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Kemudian siswa mengamati bagian-bagian telur tersebut. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa lapisan-lapisan pada telur menggambar-kan lapisan-lapisan pada bumi kita. (Mengekplorasi)
o Siswa mengidentifikasi bagian-bagian telur yang mewakili setiap lapisan bumi.
o Siswa menuliskan laporan dari hasil pengamatan-nya pada tempat yang disediakan. (Mengasosiasi)
o Siswa berdiskusi untuk membandingkan hasil laporan pengamatan mereka dengan teman-temannya. Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi mengenai persamaan dan perbedaan hasil pengamatan masing-masing. (Mengekplorasi)
o Siswa menceritakan hasil percobaan yang dilakukannya.
o Siswa saling membandingkan hasil percobaan dan mengidentifikasi jika ada persamaan dan perbedaannya. (Mengasosiasi)
o Siswa mengamati gambar bumi pada buku siswa yang menyerupai bentuk bangun ruang bola. Siswa diminta menyebutkan bangun-bangun ruang lainnya yang mereka kenal. (Mengamati)
o Siswa diminta untuk membawa kardus bekas atau kemasan untuk mengamati bentuk-bentuk bangun datar yang membentuk kardus.
o Siswa diminta untuk membuka kardus kemasan dan mengamati bentuk jaring-jaring bangun. Penting untuk mengamati jumlah dan bentuk bangun datar pada jaring-jaring tersebut.
o Siswa menanggapi penjelasan guru mengenai jaring-jaring sebagai gabungan bangun datar pembentuk bangun ruang. (Mengasosiasi) o Jika memungkinkan siswa diminta untuk melakukan hal yang sama pada bentuk bangun ruang lainnya, yaitu limas. (Mengekplorasi)
o Siswa mengidentifikasi jaring-jaring balok, kubus, dan limas.
o Siswa berdiskusi dalam kelompok dan mencoba untuk membuka kotak kardus kemasan dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan menggunting bagian rusuk kotak kardus.
o Siswa mengamati dan menggambarkan bentuk baru dari jaring-jaring bangun tersebut. (Mengamati)
o Siswa berlatih menyelesaikan soal yang ada pada buku. (Mengekplorasi) o Siswa membaca teks pada buku siswa tentang bersikap adil dalam kehidupan sehari-hari.
o Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya.
o Siswa menjelaskan manfaat bersikap adil kepada orang lain dan menyebutkan beberapa contoh lain bersikap adil kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari. (Mengekplorasi)
o Siswa berlatih mempraktikkan salah satu sikap adil yang bisa dilakukannya di kelas.
o Siswa membuat perencanaan terlebih dahulu mengenai sikap adil yang akan dipraktikkannya, lalu menulis laporan singkat tentang sikap yang dilakukannya.
o Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari itu. (Mengkomunikasikan) dan (Mengasosiasi)

C. Kegiatan Akhir

1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

D. Sumber dan Media 

1. Buku Guru dan Buku siswa Teama 8 “ Bumi dan alam Semesta”
2. Gambar bumi dan alam semesta
3. Telur
4. Gambar jaring jaring balok kubus dan limas

E.Penilaian

1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




Minggu ke ........ Bulan ............. 2016
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Rasa Ingin Tahu
Tanggung Jawab
Peduli
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













Keterangan :

BT     : Belum Terlihat
MT    : Mulai Terlihat
MB    : Mulai Berkembang
SM    : Sudah Membudaya
a.        Penilaian Pengetahuan
Tulislah hasil pengamatan dalam bentuk teks Perubahan pecahan menjadi bilangan desimal.
No
Nama Peserta Didik
Aspek Yang Dinilai
Pemilihan Kosakata
Ejaan
Sistematika Penulisan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1










2










3










Keterangan: 1=Kurang; 2=Cukup; 3=Baik Sekali

C.Penilan Keterampilan
Penilaian Unjuk Kerja Bercerita
No
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Kemampuan menceritakan kembali hasil diskusi
Siswa menceritakan kembali dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
Siswa menceritakan kembali dengan menggunakan bahasa Indonesia dan sesekali dibantu
Siswa menceritakan kembali dengan menggunakan bahasa Indonesia yang dibantu dengan penggunaan bahasa daerah
Siswa menceritakan kembali dengan dibantu guru sepenuhnya.
2
Kepercayaan diri dalam menceritakan pengalaman masa kecil.
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat ragu-ragu
Memerlukan bantuan guru
Belum memiliki keberanian menceritakan.


 Mengetahui
Kepala Sekolah SDN 1 Jepara


( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

Jepara , ..................2016    
Guru Tematik Kelas III



(Nurtia Oktaviani)
NIP/NIK : 14120124



Tidak ada komentar:

Posting Komentar